Sunday, March 17, 2013

Doa Memohon Surga kepada Allah dan Doa Berlindung kepada Allah dari Neraka dalam Shalat.








Bagi yang tidak merasa takut disiksa dan diazab semestinya takut tidak menjadi ahli surga, sebab ahli surga akan berkata, ''Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada ditengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab).''

Anas berkata, ''Doa yang sering dibaca Nabi Muhammad SAW, adalah:

''Rabbanaa Atinaa fiddun-ya hasanah wafil akhirati hasanah waqina 'adzaabannar.''


Artinya:
''Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.'' (H.R. Al-Bukhari)

Didalam kitab Sunan An-Nasa'i disebutkan sebuah riwayat dari Abu Hurairah. Sesungguhnya ia mendengar Nabi Muhammad SAW, berkata:

''Allahumma inna audzubika min harri jahannam.''

Artinya:
''Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari panas Jahannam.'' (H.R. An-Nasa'i)

Dalam Sunan Abu Dawud dan Sunan Ibn Majah disebutkan sebuah riwayat dari Jabir. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW, bertanya kepada seseorang, ''Apa yang engkau baca dalam shalat?'' Ia menjawab, ''Saya membaca syahadat, lalu berdoa:

''Allahumma inni as'alukal jannata wa'udzubika minannar.''


Artinya:
''Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari Neraka.'' (H.R. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Lelaki itu melanjutkan, ''Saya tidak dapat mendengar dengan jelas doamu (dalam tahiyyat) ketika menjadi imam. Demikian pula, doa Mu'adz,'' Rasulullah SAW menjawab, ''Sekitar surga, kita berdoa.''

Al-Bazzar meriwayatkan dengan redaksi, ''Saya dan Mu'adz berdoa agar di masukkan ke dalam surga, dan berlindung dari Neraka.''

Dalam Musnad Ahmad, dengan sanad terputus, disebutkan sebuah riwayat dari Sulaim Al-Anshari. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda kepadanya, ''Wahai Sulaim, apa yang engkau harapkan dengan Al-Qur'an?'' Ia menjawab, ''Saya sesungguhnya memohon surga kepada Allah dan berlindung kepada-Nya dari Neraka. Demi Allah, saya tidak dapat mendengar dengan jelas doamu dan doa Muadz.'' Nabi menjawab, ''Kalau engkau ingin tahu, doaku dan doa Mu'adz adalah kami memohon surga kepada-Nya dan berlindung kepada-Nya dari Neraka.''

Kami diberi sebuah riwayat dari Suwaid bin Sa'id, dari (tsana) Hafsh bin Maisarah, dari ('an) Zaid bin Aslam, dari ('an) Ibnu 'Umar. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW, bersabda, ''Yang memasuki surga hanyalah orang yang mengharapkannya. Yang dijauhkan dari Neraka hanyalah orang yang takut kepadanya. Allah menyayangi orang yang penyayang.''

Redaksi yang disampaikan Abu Nu'aim menyebutkan, ''Allah hanya menyayangi hamba-hamban-Nya yang penyayang.''

Abu Nu'am menjelaskan bahwa hadits diatas gharib melalui jalur Zaid, tetapi marfu' dan muttashil. Hanya Hafas yang meriwayatkan hadis ini. Ibnu 'Ajlan meriwayatkan dari Zaid secara Mursal.

'Umar berkata, ''Kalau ada seruan dari langit, ''Wahai manusia, kalian semua masuk surga, kecuali seorang saja, maka aku takur bahwa yang seorang itu adalah aku.'' (H.R. Abu Nu'aim)

Imam Ahmad mengeluarkan sebuah riwayat melalui jalur 'Abdullah bin Ar-Rumi. Ia berkata, ''Telah sampai berita kepadaku bahwa 'Utsman r.a. berkata, ''Jika aku berada antara surga dan neraka, sementara aku tidak tahu akan ditempatkan dimana, maka aku lebih memilih menjadi kerikil sebelum mengetahui tempatku.''


Maha Benar ALLAH dengan segala Firmannya, Ampunilah kami Ya ALLAH, Hindarkanlah azab Neraka dai kami Ya Allah


Artikel Terkait :

Kegelisahan Orang-orang Beriman yang Takut Siksa dan Azab Neraka

Peringatan Tentang Neraka dari Al Qur'an Untuk Semua Manusia.

Takutlah akan Neraka...! Selamatkanlah Diri Kalian Dari Neraka...! Larilah dari Neraka..!

Walhamdulillahi Rabbil'alamin

2 comments:

  1. Semoga kita Menjadi Hamba-hamba Allah ikhlas dalam beribadah kepada-Nya.

    ReplyDelete
  2. Ya allah semoga kita agar masuk surga perlindung lah ya allah.. amin amiin ya robbal alamin.... Kita masih di 🌏 Kita di berikan kesempatan taubat untuk agar masuk surga amin

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan santun