Monday, March 11, 2013

Lokasi Neraka Jahanam dan Pemandangan Neraka Jahanam








LOKASI NERAKA NERAKA JAHANAM

Jika surga terletak di langit ke tujuh, maka sebagian salaf berkata neraka terletak di dasar bumi yang ke tujuh (begitu pendapat Ibnu Mas’ud dan lainnya). Namun para jumhur tawaqquf (berdiam diri) dalam masalah ini, dan inilah pendapat yang dipilih oleh As-Suyuthi dan Waliyullah Ad-Dahlawi.

PEMANDANGAN LAIN DI NERAKA JAHANAM

1.. Di Jahannam terdapat sebuah gunung api Shu’uda yang Allah memerintahkan orang kafir (Al-Walid bin Mughirah) untuk mendakinya. (Lihat QS. Al-Muddatstsir: 17). Menurut riwayat Imam Ahmad, setiap kali dia meletakkan tangannya di atas gunung tersebut, maka tangannya langsung meleleh. Dan ketika diangkat kembali seperti semula. Dia akan menghabiskan waktu selama 70 tahun untuk mendakinya, dan menuruninya selama 70 tahun juga.

2.. Di Jahannam juga terdapat lembah Al-Ghayy, yaitu lembah di dasar Jahannam yang dialiri nanah bercampur darah dari para penghuni neraka. Lembah ini disediakan Allah kepada mereka yang meremehkan shalat dan mengikuti syahwatnya.

(Lihat QS. Maryam: 59).


Dengarkan

fakhalafa min ba'dihim khalfun a daa 'uu al shsh al aa ta wa i ttaba'uu al sysyahaw aa ti fasawfa yalqawna ghayy aa n

59. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,

3.. Juga lembah Atsam yang berisi ular dan kalajengking, adzab didalamnya berlipat-lipat. Lembah ini diperuntukkan bagi mereka yang berbuat syirik, berzina dan membunuh jiwa tanpa hak. (Lihat QS.Al-Furqan: 68).
QS surat Al Furqan 68


Dengarkan

wa a lla dz iina l aa yad'uuna ma' aa al l aa hi il aa han aa khara wal aa yaqtuluuna al nnafsa al latii h arrama al l aa hu ill aa bi a l h aqqi wal aa yaznuuna waman yaf'al dzaa lika yalqa ats aa m aa n

68. Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya)


4.. Ada juga lembah Maubiqa yang berisi nanah di dalam neraka Jahannam. Allah menyiapkannya untuk para penyembah berhala. (Lihat QS. Al-Kahfi:51-52).


QS Surat Al-Kahfi 51-52


Dengarkan

m aa asyhadtuhum khalqa al ssam aa w aa ti wa a l-ar dh i wal aa khalqa anfusihim wam aa kuntu muttakhi dz a a lmu dh illiina 'a dh ud aa n

51. Aku tidak menghadirkan mereka (iblis dan anak cucunya) untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri; dan tidaklah Aku mengambil orang-orang yang menyesatkan itu sebagai penolong.




Dengarkan

wayawma yaquulu n aa duu syurak aa -iya al la dz iina za'amtum fada'awhum falam yastajiibuu lahum waja'aln aa baynahum mawbiq aa n

52. Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Dia berfirman: "Serulah olehmu sekalian sekutu-sekutu-Ku yang kamu katakan itu". Mereka lalu memanggilnya tetapi sekutu-sekutu itu tidak membalas seruan mereka dan Kami adakan untuk mereka tempat kebinasaan (neraka).


5.. Ada juga sebuah rumah bernama Al-Falaq, Ibnu Rajab mengatakan jika pintunya dibuka, maka seluruh penduduk neraka akan menjerit karena tidak mampu menahan panasnya. Wallahu a’lam.

6.. Di Jahannam juga terdapat penjara Bulas dimana orang-orang yang menyombongkan diri akan digiring seperti semut-semut kecil berbentuk manusia, mereka di selimuti dengan kobaran api dan terbenam dalam keringat dan nanah yang bercampur darah penduduk neraka. (HR. Ahmad,hasan).

7.. Belenggu Jahannam. Di dalam Jahannam ada tiga belenggu; Al-Aghlal, yaitu belenggu dari besi membara yang dipasang dileher penduduk neraka. (QS. Saba: 33), Al-Ashfad, yaitu tali api yang sangat kuat sehingga membuat seseorang tak berdaya. (QS. Ibrahim: 49) dan As-Salasil, yaitu rantai besi yang panjangnya 70 hasta. (QS. Al-Haqqah: 32).
QS Surat Saba 33


Dengarkan

waq aa la al la dz iina istu dh 'ifuu lilla dz iina istakbaruu bal makru al layli wa al nnah aa ri i dz ta/muruunan aa an nakfura bi al l aa hi wanaj'ala lahu and aa dan wa-asarruu al nnad aa mata lamm aa ra-awuu a l'a dzaa ba waja'aln aa a l-aghl aa la fii a'n aa qi al la dz iina kafaruu hal yujzawna ill aa m aa k aa nuu ya'maluun a

33. Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: "(Tidak) sebenarnya tipu daya(mu) di waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami supaya kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya". Kedua belah pihak menyatakan penyesalan tatkala mereka melihat azab. Dan kami pasang belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak dibalas melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan.

QS Surat Ibrahim 49


Dengarkan

watar aa a lmujrimiina yawma-i dz in muqarraniina fii a l-a sh f aa d i

49. Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu.


QS. Al-Haqqah: 32


Dengarkan

tsumma fii silsilatin dz ar'uh aa sab'uuna dz ir aa 'an fa u slukuuh u

32. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.


8.. Cambuk Jahannam. Allah berfirman: “Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS. Al-Hajj: 21). PARA PENJAGA NERAKA Allah menggambarkan tentang karakter malaikat penjaga neraka, mereka adalah makhluk yang sangat keras dan kasar. Allah berfirman:“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).
QS surat Al-Hajj 21


Dengarkan

walahum maq aa mi'u min h adiid in

21. Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.


QS. At-Tahrim: 6


Dengarkan

y aa ayyuh aa al la dz iina aa manuu quu anfusakum wa-ahliikum n aa ran waquuduh aa al nn aa su wa a l h ij aa ratu 'alayh aa mal aa -ikatun ghil aats un syid aa dun l aa ya' sh uuna al l aa ha m aa amarahum wayaf'aluuna m aa yu/maruun a

6. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dankeluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalahmanusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Qs. Surat Al-Hajj 22


Dengarkan

kullam aa ar aa duu an yakhrujuu minh aa min ghammin u'iiduu fiih aa wa dz uuquu 'a dzaa ba a l h ariiq i

22. Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan),"Rasailah azab yang membakar ini".


Maha Benar ALLAH dengan segala Firmannya, Ampunilah kami Ya ALLAH



Artikel Terkait :

Road To Hell : Apakah Isi Neraka Jahanam..?
Road To Hell : Masya Allah! Dasyatnya Pemandangan Neraka Jahanam

Walhamdulillahi Rabbil'alamin

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun