Friday, May 25, 2012

KEBANGKITAN ISLAM : ZAMAN BARU



Peta dunia berubah total. Kerajaan Dinasti Utsmaniyah telah sirna (1922). Wilayah-wilayahnya menjadi wilayah jajahan negara-negara Barat. Kekuatan baru mulai tumbuh, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Pada saat tumbangnya Daulah Utsmaniyah (1922), Abad Hijriyah telah memasuki paro kedua abad ke-14. Pada abad inilah wilayah-wilayah yang terlepas dari kekuasaan Utsmaniyah di bawah jajahan negara-negara Barat bergerak dengan berbagai perjuangannya untuk mencapai kemerdekaannya dan berdiri menjadi negara yang mendiri, yang tidak lagi di bawah kekuasaan-kekuasaan manapun, yang pada langkah selanjutnya adalah menjadi Negara-negara Non blok (KTT Bandung 14-18 April 1955).



Indonesia setelah terjajah selama 350 tahun (sejak masuknya Cornelis de Houtman tahun 1595) merdeka pada 17 Agustus 1945. India dan Pakistan merdeka dari Inggris tahun 1947. Filipina merdeka dari Amerika Serikat tahun 1946. Malaysia merdeka dari Inggris tahun 1957. Brunai Darussalam merdeka dari Inggris tahun 1974. Siria lepas dari Perancis tahun 1946. Jordania lepas dari Inggris tahun 1946. Uni Emirat Arab merdeka dari Inggris tahun 1971. Kuwait lepas dari Inggris tahun 1961. Sedangkan negara-negara Afrika, Maroko merdeka dari Perancis tahun 1956, Aljazair lepas dari Perancis tahun 1962. Tunisia dari Perancis tahun 1956, Libya lepas dari Italia tahun 1951, Sudan lepas dari Inggris tahun 1956, Somalia lepas dari Inggris dan Italia tahun 1960.



Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations Organization adalah organisasi lnternasional yang didirikan pada tahun 1945, tepatnya Piagam PBB ditandatangani pada tanggal 24 Oktober 1945. Dengan tujuan utama menjamin perdamaian dunia, menjamin berlakunya hak-hak asasi manusia, dan berusaha meningkatkan kemajuan ekonomi dan sosial masyarakat dunia. Untuk mencapai tujuan itu, PBB berusaha membantu menyelesaikan setiap pertentangan dengan jalan damai, walau tidak semuanya berhasil. Untuk menghindarkan terjadinya peperangan, PBB menegaskan bahwa setiap negara harus menghormati kedaulatan negara lain.



PBB dengan tujuannya yang mulia itu, belum dapat menyatukan kekuatan dunia di paro kedua abad ke-20 ini. Dunia terbagi menjadi dua kekuatan besar, Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat yang dikomandani oleh Amerika Serikat, sebaik saja PBB didirikan, empat tahun kemudian mendirikan Pakta Pertahanan yang sangat terkenal dengan NATO ( North Atlantic Treaty Organization ), merupakan suatu organisasi pertahanan militer bersama negara-negara Atlantik Utara (Eropa Barat dan Amerika Utara), didirikan pada tahun 1949. Negara-negara penandatangan perjanjian NATO adalah Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Denmark, lnggris, Italia, Kanada, Luxemburg, Norwegia, Perancis, Portugal dan Islandia. Yang pada tahun-tahun selanjutnya keanggotaannya terus bertambah.



Tujuan didirikannya pakta pertahanan ini adalah untuk menghadapi kemungkinan intervensi militer dari Uni Soviet kawan-kawannya negara komunis. Oleh sebab itu, dalam satu pasal perjanjian itu dikatakan bahwa serangan terhadap salah satu negara anggota NATO juga berarti serangan terhadap seluruh negara anggota NATO. Organisasi ini di samping kerjasama pertahanan militer, juga merupakan kerjasama dalam bidang politik dan ekonomi.



Sedangkan Blok Timur dikomandani oleh Uni Soviet (komunis). Sebuah kerjasama pertahanan militer di antara negera-negara komunis di Eropa Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet didirikan, yang dikenal dengan PAKTA WARSAWA. Kerjasama ini ditandatangani di Warsawa (ibukota Polandia), pada 14 Mei 1955 sebagai reaksi atas berdirinya kerja sama militer di antara negara-negara Barat (NATO). Pada awal berdirinya pakta pertahanan negara-negara komunis di Eropa Timur ini beranggotakan delapan negara : Uni Soviet (sebagai pimpinan), Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Cekoslowakia, Bulgaria, Albania, dan Rumania. Sesuai dengan tujuannya, yakni untuk menghadapi kekuatan militer NATO, Pakta Warsawa menghimpun kekuatan militer yang sangat besar jumlahnya.



Pakta Warsawa dan NATO menjadi lambang persaingan militer dan perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur. Dan satu lagi kekuatan yang menghimpun diri adalah kekuatan dunia ketiga, yang menghimpun diri dalam satu gerakan negara-negara Non Blok, yaitu kelompok negara-negara yang tidak tergabung dalam Blok Barat maupun Blok Timur, dan tidak terlibat dalam persaingan dua raksasa dunia itu, tapi sebaliknya berusaha membantu mencapai perdamaian dunia tanpa harus didikte atau dipengaruhi oleh dua raksasa dunia tersebut. Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 telah mengilhami lahirnya gerakan Non Blok. Lima tokoh dunia yang dianggap sebagai pelopor pembentukgerakan Non Blok adalah Presiden Yugoslavia Tito, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasir, Perdana Menteri India Jawaharal Nehru, Presiden Indonesia Soekarno, dan Presiden Ghana Kwame Nkrumnah. Keanggotaan gerakan Non Blok terdiri atas negara-negara Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa.



Di samping itu, Dunia Arab pada 22 Maret 1945 membentuk persatuan negara-negara Arab yang dinamakan Liga Arab ( Arab League ) atau Aljamia al Arabiyya , dengan tujuan menjamin kemerdekaan, mempererat hubungan dan persaudaraan, serta mengadakan kerjasama ekonomi, politik, dan militer di antara anggotanya. Pada awal berdirinya beranggotakan tujuh negara dan terus berkembang keanggotaannya ke seluruh negara-negara Arab di Timur Tengah.



Dalam perjalanannya, dua kekuatan raksasa Barat dan Timurlah yang menguasai percaturan perjalanan sejarah kepemimpinan dunia. Sampai dengan dekade terakhir abad ke-20. Dan baru berubah setelah Blok Timur yang dimotori oleh Uni Soviet dengan Pakta Warsawanya bubar. Terjadinya reformasi di Uni Soviet yang disponsori oleh Presiden Gorbachev yang terkenal dengan program glasnot dan perestroika mengakibatkan terjadinya perubahan politik di negara-negara komunis Eropa Timur, bubarnya Pakta Warsawadan bahkan bubarnya Uni Soviet itu sendiri. Oktober 1990 Jerman Timur bersatu kembali dengan Jerman Barat, 31 Maret 1991 Pakta Warsawa dibubarkan, dan bersamaan dengan pengunduran diri (berhentinya) Gorbachev sebagai presiden Uni Soviet 25 Desember 1991 dan pada tutup tahun 1991 itulah Uni Soviet runtuh. Akibatnya kekuatan dunia hanya berada di satu adidaya Amerika atau Blok Barat. Kekuatan-kekuatan lainnya menjadi tidak dapat mengimbangi kedigdayaannya

1 comment:

Berkomentarlah dengan santun