Saturday, January 28, 2012

Iman Hijrah dan Jihad : Wahyu-wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w ketika berangkat hijrah

Menurut keterangan-keterangan yang telah termaktub di dalam kitab-kitab tafsir dan kitab-kitab tarikh, sebelum Nabi Muhammad s.a.w berangkat hijrah ke Madinah, ALLAH menurunkan wahyu kepada beliau yang bunyinya :

''waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin wa j'al lii min ladunka sulthaan nashiiraan.''
''Dan katakanlah(Muhammad): "Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku darisisi Engkau kekuasaan yang menolong.'' (Al-Qur'an surat Al-Isra' ayat 80)

Kemudian, sesudah itu Nabi Muhammad s.a.w. berangkat meninggalkan Mekah, di tengah perjalanan beliau kerap kali menerima wahyu dari hadlirat TUHAN, wahyu-wahyu yang berisi penghibur, penggirang hati beliau, dan juga yang mengandung riwayat-riwayat perjalanan Nabi-nabi dan Rasul-rasul Tuhan yang terdahulu sebelum beliau di bangkitkan. Yang demikian itu dengan maksud sebagai peringatan dan cermin perbandingan bagi beliau, agar supaya hati beliau bertambah tetap dan teguh. Dan dari antara wahyu-wahyu yang di turunkan kepada beliau pada waktu itu adalah yang bunyinya demikian :

''innaalladzii faradha 'alaykalqur- aana laraa dduka ilaa ma' aa din.''
''Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur'an, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.''(Al-Qur'an surat Al-Qashash ayat 85)

Menurut keterangan-keterangan, sahabat Ibnu 'Abbas dan para ahli tafsir, maksud ayat itu ialah : bahwasanya TUHAN yang menetapkan atau menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad s.a.w. ialah yang akan mengembalikan beliau ke tempat kembali, atau pulang ke tempat semula, yaitu Mekah. Yakni : Sesudah Nabi Muhammad s.a.w. berhijrah ke Madinaha, beberapa tahun kemudian beliau akan kembali ke Mekah. Dan ada pula wahyu yang bunyinya :

''wa-in kaa duu layastafizzuunaka minal ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-i dzan laa yalbatsuuna khilaa faka illaa qaliilaan.''

''Dan sesungguhnya benar-benar mereka hampir membuatmu gelisah di negeri (Mekah) untuk mengusirmu daripadanya dan kalau terjadi demikian, niscaya sepeninggalmu mereka tidak tinggal, melainkan sebentar saja.''

Ayat ini berarti, bahwa kaum Musyrikin pada masa itu hampir saja mengejutkan dan menggertak Nabi, karena mereka hendak mengusir beliau dari Mekah, tanah tumpah darah beliau tetapi mereka tidak dapat sampai berbuat begitu, TUHAN telah memerintahkan kepada beliau supaya lekas hijrah ke Madinah. Sungguhpun begitu, tidak lama sepeninggal beliau dari Mekah, dalam waktu yang singkat, mereka akan sudah di binasakan oleh TUHAN (dikalahkan oleh kaum Muslimin dalam peperangan Badar)

Demikianlah di antara wahyu-wahyu yang di turunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w. pada waktu itu.

1 comment:

Berkomentarlah dengan santun