Wednesday, March 7, 2012

Iman Hijrah dan Jihad Blogspot.com : Aqidah Islam ; Sumber Nilai ISLAM



Iman Hijrah dan Jihad Blogspot.com : Aqidah Islam ; Sumber Nilai ISLAM

Iman Hijrah dan Jihad Blogspot.com - Ketika Rasulullah Sallallaahu'Alayhi wa Sallam mengutus Mu'adz bin Jabal ke Yaman, beliau bertanya kepada Mu'adz, " Dengan pedoman apa anda memutuskan suatu urusan ?"

Jawab Mu'adz : ''Dengan Kitabullah.''

Tanya Rasul : ''Kalau tidak ada dalam al Qur'an ?''

Jawab Mu'adz : ''Dengan Sunnah Rasulullah.''

Tanya Rasul : ''Kalau dalam Sunnah juga tidak ada?''

Jawab Mu'adz : ''Saya berijtihad dengan fikiran saya.''

Tanya Rasul : ''Maha Suci Allah yang telah memberikan bimbingan kepada utusan Rasul-NYA, dengan satu sikap yang di setujui RasulNYA.'' ( HR. Abu Dawud dan Tarmudzi).

Dari peristiwa ini dapat di ambil kesimpulan tentang nilai dan sumber nilai Islam, yaitu Al-Qur'an, Sunnah dan ijtihad. Ayat-ayat Al-Qur'an yang mendukung bahwa Al-Qur'an, As-Sunnah, dan ijtihad merupakan nilai dan sumber nilai seorang Muslim, dapat kita temukan dalam banyak surat.

Kesimpulan lain yang dapat diambil dari peristiwa tersebut. di atas ialah bahwa penggunaan tiga sumber nilai itu hendaknya; diprioritaskan yang pertama, kemudian yang kedua dan selanjutnya baru yang ketiga.

Konsekwensinya adalah apabila bertentangan satu dengan yang lain, maka hendaknya dipilih Al-Qur'an terlebih dahulu, kemudian yang kedua Al-Hadits. Yang perlu dicatat adalah bahwa, sekalipun ketiga-tiganya adalah sumber nilai, akan tetapi antara satu dengan yang lainnya mempunyai tingkat kualitas dan bobot yang berbeda-beda dengan pengaruh hukum yangg berbeda-beda pula, namun harus tetap berpokok pada yang pertama.

Sumber Al Qur'an Terjemahan Bahasa Indonesia,

1 comment:

  1. assalamu'alaikum..sampai juga dimari sob. He.he. Sipeppy juga blogwalking kemari.. Sukses ya..

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan santun