Monday, April 9, 2012

Iman Hijrah dan Jihad Blogspot.com : Kejadian Hebat dan Penting : Sahabat Sa'ad bin Waqqash dan 'Utbah bin Ghazwan pulang ke Madinah

Fat1hah.gif




Di post sebelumnya telah kami riwayatkan, bahwa Sa'ad bin Abi Waqqash dan sahabat 'Utbah bin Ghazwan ikut pasukan tentara Abdullah bin Jahsy telah sesat jalannya, sehingga tidak bertemu lagi pada kawan-kawannya. Dan ketika pasukan tentara tadi sampai di Madinah pun, mereka belum kembali ke Madinah.


Kemudian setelah ada kejadian-kejadian sebagai tersebut di atas, maka Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kedatangan seorang utusan kaum Quraisy dari Mekah yang diutus supaya menebus kedua orang Quraisy dari Mekah tadi. Oleh Nabi permintaan itu ditolaknya, kecuali jika kedua sahabat yang hilang karena sesat jalannya tadi telah pulang ke Madinah. Karena Nabi kuatir, kalau kedua orang sahabt yang tercinta itu mati terbunuh atau tertawan oleh kaum Musyrikin Quraisy.


Kemudian selang beberapa hari, datanglah sahabat Sa'ad dan sahabat 'Utbah pulang kembali ke Madinah dengan selamat. Maka dari itu barulah permintaan dan tebusan kaum Musryikin Quraisy tadi diterima oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.


Dan kendatipun begitu, seorang dari kedua tawanan tadi yang bernama Hakam bin Kaisan dengan ikhlas tidak suka ditebus, dan lebih suka mengikut seruan Nabi (Islam); adapun yang satu yang bernama Utsman bin Abdullah lalu ikut kembali pulang ke Mekah.


Dan selanjutnya Hakam bin Kaisan menjadi seorang yang mukmin, dan Utsman bin Abdullah menjadi seorang yang kufur kepada ALLAH. Jadi, dalam riwayat Islam, kedua orang tadi adalah orang yang pertama kali tertawan oleh kaum Muslimin dan 'Amr Al-Hadlramy adalah orang yang pertama kali terbunuh oleh kaum Muslimin juga; dan rampasan tadi adalah rampasan yang pertama kali didapat oleh kaum Muslimin.


Kemudian dari pada itu, kaum Muslimin pada saat itu banyak yang meminta kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam supaya mengadakan perang dengan mereka yang akan memerangi kaum Muslimin, mereka meminta begitu itu sengaja hendak bersungguh-sungguh membela agama ALLAH dan mengharap pahalaNya. Oleh sebab itu ketika itu ALLAH menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang bunyinya :


a218.png


sp1.gifDengarkan


''inna al la dz iina aa manuu wa a lla dz iina h aa jaruu waj aa haduu fii sabiili al l aa hi ul aa -ika yarjuuna ra h mata al l aa hi wa al l aa hu ghafuurun ra h iim un''


218. Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 218


INFORMASI UNTUK SAHABAT Blogger
Jam Terbit Post Baru : 06:00-08:00 WIB
Kunjungan Balasan : 20:00 s/d 24:00 WIB
Berkomentarlah Yang Baik, Tunjukkan Apresiasi Anda kepada sejarah Islam niscaya anda akan cinta pada ALLAH, Nabi Muhammad Shallallahu'Alaihi wa Sallam dan Para Mukmin dan Umat Muslimin. Ibaratkan anda adalah bagian dari Islam dahulu dan masa depan Islam. Belajarlah mencintai Sunatullah di dalamnya.


Al Qur'an Terjemah Bahasa Indonesia bersumber dari :

alquran_indonesia.png


Baca Juga Kisah sebelumnya :

<<==Kejadian Hebat dan Penting : Pasukan Tentara Islam yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy, Tawanan dan Rampasan yang pertama kali, Wahyu ALLAH yang diturunkan


Jika Anda Sebarkan Content ini di Facebook, Twitter, forum maupun Blog, Insya ALLAH amal jariah untuk Anda.


Walhamdulillahi Rabbil'alamin

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun