Saturday, April 21, 2012

Mu'jizat : Guna dan Kepentingan Mu'jizat


Mu'jizat itu oleh ALLAH diberikan kepada para orang yang dipilih oleh-Nya dan ditetapkan menjadi Nabi dan Rasulnya; dan diberikanNya semenjak mereka itu diangkat menjadi Nabi dan RasulNya, sampai pada hari wafat mereka; terkecuali sebagaian dari mu'jizat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Karena sebagian mu'jizat beliau ini yang diturunkan, diberikan sejak dikala beliau diangkat menjadi utusan dan langsung berlaku sampai akhir zaman.


Ada pun guna dan kepentingan mu'jizat itu diturunkan, diberikan kepada para Nabi dan Rasul ALLAH, ialah untuk menguatkan seruan dan pendakwaan mereka sebagai Nabi dan Rasul ALLAH kepada ummat mereka masing-masing terutama kepada orang-orang yang belum atau tidak mai percaya terhadap ke-Nabian dan ke-Rasulan mereka, dan guna menebalkan kepercayaan dan meneguhkan keyakinan orang-orang yang telah percaya.


Dengan keterangan lain : Mu'jizat itu terjadi dengan seksama, ketika para orang yang telah diangkat menjadi Nabi dan Rasul ALLAH itu menyerukan dakwahnya kepada orang ramai dan mendakwahkan dirinya sebagai Nabi dan Rasul ALLAH, yang pada lahirnya adalah untuk menunjukkan kebenaran mereka, bahwa mereka itu sungguh-sungguh sebagai Nabi dan Rasul ALLAH yang disuruh untuk menyampaikan seruan-Nya kepada ummat mereka. Karena para Nabi itu didalam mendakwahkan dirinya dan menyampaikan dakwahnya kepada orang banyak, bahwa mereka itu menyampaikan dakwah dari hadirat ALLAH, sedang dakwah itu tidak akan bisa terbukti nyata dengan sebnarnya, kecuali jika ada bukti-bukti yang menunjukkan kebenarannya. Dan, karenanya maka ALLAH memberikan mu'jizat kepada mereka sekedar untuk menguatkan pendakwahan mereka sebagai Nabi dan Rasulnya dihadapan ummat mereka.


Artikel terkait lainnya :

SEKITAR SOAL MU'JIZAT DAN MU'JIZAT Nabi Muhammad Shallallahu'Alaihi wa Sallam


Disampaikan Oleh :

Muhammad Hilmi.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun